Kegiatan Rutin Kepramukaan Jenjang Siaga dan Penggalang di UPTD SDN Patemon Tanah Merah

Bangkalan - Kegiatan rutin kepramukaan jenjang siaga dan penggalang dilaksanakan oleh UPTD SDN Patemon Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan, rutinitas itu diselenggarakan setiap Minggu pada hari Kamis.

Kegiatan pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang populer di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Kegiatan ini mengajarkan keterampilan individu pada peserta didik dan membantu dalam mengembangkan karakter, kepemimpinan, dan rasa tanggung jawab. 

Di UPTD SDN Patemon Tanah Merah, kegiatan kepramukaan rutin diadakan untuk jenjang Siaga dan Penggalang, dengan tujuan membentuk generasi muda yang berkualitas dan memiliki semangat kebangsaan.

Dijelaskan oleh Siti Fauziyah kepala sekolah SDN Patemon, jenjang Siaga dalam kepramukaan merupakan jenjang pertama yang ditempuh oleh peserta didik di SD.  

"Jenjang Siaga ini melibatkan para siswa kelas satu dan kelas dua" kata Fauziyah menerangkan pada media. (Sabtu, 27/5).

Pada kegiatan ini Fauziyah menerangkan, beberapa kegiatan rutin yang dilakukan meliputi permainan kreatif. Dalam kegiatan ini, peserta didik diajak untuk berpartisipasi dalam permainan kreatif yang melibatkan unsur-unsur kepramukaan. 

"Siswa diajarkan cara mengikat simpul, membangun tenda sederhana, atau membuat kerajinan dari bahan-bahan alam" imbuhnya

Ditambahkan, sebagai wujud kecintaan terhadap Tanah Air, peserta didik  juga dilibatkan dalam upacara bendera sekolah setiap hari Senin. Mereka diberi kesempatan untuk memegang bendera, mengibarkan, dan menurunkan bendera dengan penuh tanggung jawab.

Selain jenjang Siaga, kegiatan rutin kepramukaan juga diadakan untuk jenjang Penggalang di UPTD SDN Patemon Tanah Merah. Peserta didik kelas 3 hingga 6 diikutsertakan dalam kegiatan ini. 

"Jenjang penggalang diajarkan kepada siswa seperti membentuk barisan, mengikat simpul, atau belajar teknik kemandirian" terang Fauziyah yang kerap dipanggil Uce. 

Kepala sekolah Patemon Siti Fauziyah berharap, dengan kegiatan kepramukaan ini peserta didik dapat memiliki jiwa yang cekatan, tanggap lingkungan, serta rasa toleransi yang tinggi. Semua nilai-nilai positif ini menurutnya akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan dan menjadi pribadi yang berkualitas serta berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

"Untuk itu tidak semudah membalikkan telapak tangan tapi perlu telaten, semangat, dan perlu juga kerja sama, itu kuncinya" tutup Fauziyah. (Robin)

Posting Komentar untuk "Kegiatan Rutin Kepramukaan Jenjang Siaga dan Penggalang di UPTD SDN Patemon Tanah Merah"