Lulusan Pesantren Darussyahid Sampang Ciptakan Pelajar Berkualitas

Sampang - Tahun ke tahun, Pondok Pesantren (Ponpes) Darussyahid, Sampang, Madura, Jawa Timur, terus mencetuskan lulusan santri atau siswa-siswi dengan kategori pelajar berkualitas.

Hal itu terlihat, saat pondok pesantren yang terletak di jantung kota Bahari ini, menggelar tasyakuran lulusan siswa-siswi SMP-SMA Darussyahid, Senin (29/05/2023) pagi.

Meski dikemas sederhana, kegiatan lulusan tersebut berlangsung meriah dan khidmat, yang dibuka langsung mudirul ma'had KH. Fahrur Razi Faruq, dihadiri wali santri dan tokoh masyarakat.

Kemeriahan acara lulusan semakin terlihat, saat pada acara inti diisi dengan selingan tausiyah, oleh penceramah kondang dari Kabupaten Pamekasan, KH. Musleh Adnan.

Kepala SMP Darussyahid Efendi Sholeh menyampaikan, acara ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, atas kelulusan para siswa-siswi Darussyahid.

"Kami berharap, siswa-siswi yang lulus pada tahun ini bisa memanfaatkan ilmu dan mengabdikannya ditengah masyarakat luas, serta penuh tanggung jawab," ujar Efendi.

Menurut Efendi, untuk kriteria kelulusannya tersebut para siswa maupun siswi, harus hafal Al-Qur'an juz 30, dengan catatan memiliki suluk (perilaku) baik dan nilai sesuai dengan ketentuan Dinas Pendidikan, selain itu siswa juga harus menyelesaikan penulisan autobiografi, praktikum pemulasaraan jenazah, Tahfidz juz amma dan 7 surah munjiyat, imamah shalat dan memimpin tahlil.

"Semua ini harus ditempuh seluruh siswa-siswi sebelum benar-benar dinyatakan lulus. Jadi, semua proses kelulusan ada tahapan-tahapan tertentu yang wajib dilakukan," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMA Darussyahid, Moh.Rasyad. Menurutnya, acara ini merupakan wujud rasa syukur, dengan harapan semua murid yang lulus melanjutkan kejenjang pendidikan lebih tinggi.

"Bagi siswa-siswi lulusan SMA, kami berharap mereka dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, yaitu Setara Satu (S1), dan tidak cukup berhenti di lulusan bangku SMA," ujarnya.

Sekedar diketahui, siswa-siswi Darussyahid yang dinyatakan lulus pada tahun 2023 kali ini, untuk tingkat SMP sebanyak 40 murid, sedangkan tingkat SMA sebanyak 27 murid. (as)

Posting Komentar untuk "Lulusan Pesantren Darussyahid Sampang Ciptakan Pelajar Berkualitas"