Gudep : 01.093/01.94 UPTD SDN Pejagan 9 Bangkalan, Membangun Kecakapan Anak-anak Melalui Kegiatan Perkemahan

Bangkalan - Pramuka merupakan gerakan pendidikan nonformal yang populer di Indonesia. Pramuka telah menjadi wadah bagi anak-anak dan remaja untuk mengembangkan karakter, kecakapan hidup, serta rasa cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar. 

Salah satu contoh kegiatan pramuka yang diadakan oleh UPTD SDN Pejagan 9 kecamatan kota Bangkalan adalah giat kepramukaan. Melalui perkemahan ini merupakan momen berharga di mana anak-anak dapat belajar melalui petualangan alam dan membangun kecakapan mereka dalam berbagai aspek kehidupan.

Imam Muslich kepala sekolah SDN Pejagan 9 menjelaskan, perkemahan pramuka yang diadakan oleh UPTD SDN Pejagan 9 bertujuan untuk memberikan pengalaman yang berkesan dan edukatif bagi para siswa. Kegiatan ini katanya, dalam rangka pelantikan siswa penggalang yang sudah lulus tingkat penggalang Ramu dan penggalang Terap yang diadakan di lingkungan sekolah yang indah dan menawarkan berbagai macam aktivitas menarik yang melibatkan para peserta dalam belajar kelompok, petualangan, dan penemuan diri. 

"Peserta perkemahan ini diikuti sebanyak seratus empat puluh murid adalah siswa-siswi dari kelas 5 dan 6" paparnya. (Selasa, 2/6)

Lanjut kata Imam, selama perkemahan, para siswa diberikan kesempatan untuk belajar tentang prinsip-prinsip dasar kepramukaan, seperti senam bersama, renungan malam, serta kegiatan out Bond.

"Malam harinya kegiatan api unggun yang dilaksanakan di lapangan kerapan sapi skep bancaran, dari semua kegiatan tersebut merupakan bentuk  semangat gotong royong, kedisiplinan, kepemimpinan, dan tanggung jawab. Mereka juga diajak untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang kemandirian, pertolongan pertama, pengetahuan lingkungan, dan kegiatan-kegiatan outbond yang melatih keterampilan fisik dan mental mereka" urainya.

Selain itu pembina kepramukaan di SDN Pejagan 9 Abdul Gafar menambahkan, salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam perkemahan pramuka adalah kegiatan perkemahan di tenda. Para siswa belajar untuk mendirikan tenda, juga diajak untuk menjaga kebersihan lingkungan perkemahan dan belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Menurutnya perkemahan  ini juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman, ide, serta membangun persahabatan baru. Hal ini membantu mereka dalam mengembangkan kemampuan sosial dan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

"Kegiatan ini diperuntukkan kepada peserta kemah untuk memberikan bekal jiwa kemandirian" jelas Abdul Gafar 

Kegiatan kepramukaan oleh UPTD SDN Pejagan 9 ini merupakan contoh nyata bagaimana pendidikan nonformal dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi anak-anak. Melalui petualangan alam dan kegiatan tersebut mereka dapat mengembangkan kecakapan hidup yang akan membantu mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan. 

Ditambahkan, dengan memadukan nilai-nilai pramuka, pengetahuan lingkungan, serta kerjasama dalam tim, giat perkemahan ini telah memberikan kontribusi positif dalam membentuk karakter anak-anak dan mengembangkan potensi mereka.

Kepala sekolah berharap  kegiatan yang diselenggarakan ini tentunya dapat memperkaya pengalaman pendidikan anak-anak melalui petualangan alam. Dalam lingkungan yang aman dan terkendali, mereka dapat belajar nilai-nilai pramuka, mengembangkan keterampilan hidup, dan memperluas wawasan mereka tentang alam dan lingkungan. 

"Dengan demikian, perkemahan pramuka menjadi salah satu langkah penting dalam membentuk karakter anak-anak dan mempersiapkan mereka menjadi generasi yang tangguh dan bertanggung jawab" pungkasnya.

(Robin)

Posting Komentar untuk "Gudep : 01.093/01.94 UPTD SDN Pejagan 9 Bangkalan, Membangun Kecakapan Anak-anak Melalui Kegiatan Perkemahan"