Himmah Akan Gelar Seminar Nasional Perdalam Esensi Takwa

Bangkalan - Dalam upaya memperdalam esensi takwa dalam agama Islam, Himpunan Mahasiswa al-Mursyidiyah (HIMMAH) menggelar seminar tingkat nasional dalam rangka Haflah Nihaiyah ke-XLV. Kegiatan organisasi yang notabene santri itu, menggakat tema bertajuk “Attitude Is Everything”.

Adapun pelaksanaanya pada Sabtu 24 juni 2023 dan acara akan dimulai sekitar pukul 08.00 wib s/d Selesai.  Bertempat di halaman SMA al-Mursyidiyah Ponpes Najmul Ulum al-Mursyidiyah, Dusun Gersik Desa Tlokoh, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Kamis (15/06/2023).

Ketua pelaksana Abdullah., S.E mengatakan, alasannya mengangkat tema di atas karena persoalan takwa menarik untuk dikaji, dan dijadiakan dialog intraktif dengan kalangan organisasi santri yang ada di pesantren. Sebab, tidak menutup kemungkinan takwa seseorang tentu tidaklah sempurna seratur persen.

Sehingga untuk menuju ketakwaan haqiqi kepada sang ilahi robbi, butuh pengkajian dan mentafakkuri setiap aktivitas seahri-harinya. Berlandaskan pengatahuan dan dikorelasikan dengan perkataan ulama, dia menyampaikan kunci untuk menyelesaikan masalah tidak lain dengan cara bertakwa kepada sang pencipta.

”Takwa salah satu kunci dalam menyelesaikan masalah apapun, menyerahkan diri serta menyerahkan masalah yang dihadapi makhluk kepada Sang Kholiq. Takwa mempunyai arti tersendiri yakni, memelihara atau menghindari tapi jika mengacu pada definisi ulama, takwa didefinisikan sebagai bentuk melaksanakan perintah Allah, dan menjauhi larangan-Nya,” jelasnya Abdul sapaan akrab pemuda lulusan fakultas ekonomi itu.

Dia juga menguraikan tujuan dalam kegiatan tersebut tidak lain untuk memberikan stimulus terhadap santri yang tergabung dalam  organisasi HIMMAH maupun organisasi yang lain. Setiadaknya ada 20 organisasi partisipan yang akan hadir dalam acara tersebut seperti, Ipnu kokop, ippnu kokop, PMK, banser, ansor, Karang Taruna wilayah kokop, dan Sembilan dilengkapi oleh Sembilan osis dari berbagai sekolah tingkat SMK dan SMA.

”Kegiatan seminar ini akan dihadiri oleh 650 orang, dengan perincian undangan internal sendiri 400, dan eksternal 250 orang,” tuturnya.

Abd. Halim menyampaikan, menariknya lagi seminar berbasis nasional ini akan dihadiri langsung oleh seorang kyai dari salah satu pondok pesantren terkenal yang ada di Jawa Timur, yakni Pondok Pesantren Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Gus Ahmad Kafabihi putra dari KH Kafabihi Mahrus pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri. 

Kegiatan yang akan diisi oleh beliau dikemas dengan penyamapaian materi, berlandaskan “Wattaqullah wa yu’allimukullah’ (maha mengetahui segala sesuatu,) sekaligus dirangkap dengan dialog intraktif bersama undangan yang hadiri nanti.

”Bukan itu saja, melaikan juga mengundang dari tokoh agama, tokoh masyarakat. Serta turut mengundang kapala desa se-Kacamatan Kokop, dari Kecamatan Tanjung Bumi, Kecamatan Konang. Bahakan juga anggota Dprd Kabupatan Bangkalan, dari itu semua kami tentu sangat berharap kepada para undangan bisa ikut memeriahkan kegiatan seminar nasional yang digagas teman-teman HIMMAH Al-Mursyidiyah Ponpes Najmul Ulum Al-Mursyidiyah,” terangnya Halim selaku ketua umum himmah.

Bahkan tahun sebelumnya juga pernah menggelar kegiatan dengan bedah buku dengan judul “Seratus Hujjah Aswaja Yang Dituduh Bid’ah Syirik dan Kafir”. Yang dikupas langsung oleh narasumber KH. Ma’ruf Khozin selaku ketua pengurus wilayah (PW) Aswaja NU Center Jawa Timur. 

“Kegaitan tahun lalu 2022 antusiasme masyarakat sangat tinggi, mungkin karena buku yang akan dibahas berkaitan tentang perbedan pendapat dari sebuah kelompok beragama,” pungkasnya. (Mrf)

Posting Komentar untuk "Himmah Akan Gelar Seminar Nasional Perdalam Esensi Takwa"