Ponpes Darul Mustofa Membangun Generasi Robbani yang Cerdas dan Mulia Melalui Wisuda

Bangkalan - Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang cerdas, berbudi luhur, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat. Salah satu lembaga pendidikan yang telah berkomitmen dalam membentuk generasi Robbani adalah Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Mustofa yang berlokasi di Jalan Kali Modern, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan.

Melalui gelar wisuda yang diadakan pada Sabtu (24/6/2023) untuk siswa SMP, SMA, dan SMK, Ponpes Darul Mustofa berusaha mewujudkan visinya. Wisuda itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi pesertanya.

Sebab, ini pertanda bahwa para murid telah menyelesaikan masa pembelajaran dan bersiap-siap memasuki tahap menimba ilmu berikutnya ke jenjang sederajat tingkat SMA termasuk siswa-siswi yang ikut di wisuda SMA, SMK bisa melanjutkan ke pendidikan tingkat yang lebih tinggi.

Puncak acara wisuda yang diselenggarakan di halaman Sekolah Yayasan Ponpes Darul Mustofa dihadiri oleh Mohammad Syafii, S.Sos, selaku Seketaris Kelurahan Tunjung, Kepala Sekolah, Pengawas SMP, Dra Endang Pujiastuti, M.Pd, Pengawas SMA, Dra. Atik Sulistiatik, M.Pd, Pengawas SMK, Tutus Ernawati, SE,M.M.Pd, Ketua Komite Sekolah, tokoh masyarakat, para guru, hingga wali murid.

Dalam kesempatan tersebut, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Darul Mustofa, KH. Muhlis Syaif Alkomi,M.Pd, menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala sekolah dan dewan guru yang dengan penuh kesabarannya dalam mendidik maupun membimbing anak-anak.

Tak lupa, Beliau juga berterima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang terus semangat mensukseskan perpisahan dari awal sampai akhir nanti. Lebih lanjut apa yang disampaikan oleh KH. Muhlis meminta kepada kepala sekolah, guru - guru, Komite dan masyarakat, untuk bekerja sama yang baik demi terciptanya suasana yang damai dan kondusif.
“Semoga apa yang dicapai oleh anak-anak bisa menjadi bekal dan pondasi dasar untuk ke tingkat Sekolah Menengah Atas atau jenjang sederajat lainnya. Selama di SMP, SMA, SMK, Kepala Sekolah serta Dewan Guru telah berupaya mendidik karakter anak-anak agar melahirkan generasi beradab, disiplin, jujur, cerdas dan terampil sejak dini,” tuturnya.

"Kami sangat berharap ke depan agar anak-anak bisa menjaga nama baik sekolah atau almamater. Nanti kalian akan mendaftar atau melanjutkan sekolah-sekolah yang lebih tinggi," katanya.

"Ini akan menjadi generasi penerus bangsa yang lebih unggul dan berprestasi. Untuk itu, saya memberikan pesan mendidik kepada para murid mauapun wali murid. Ke depan anak-anak inilah yang akan menggantikan posisi kita sebagaimana siklus kehidupan. Jadi, pendidikan sangatlah penting bagi tumbuh kembangnya seorang anak. Karena kualitas dan jenjang pendidikan yang ditempuh bisa menentukan nasibnya maupun nasib bangsa ini,” jelasnya.

“Teruslah menuntut ilmu dalam dunia pendidikan, namun jangan lupa untuk tetap beribadah berlandaskan nawaitu guna mendapatkan kerhidoan Allah SWT," katanya.
KH. Faruq Al Komi, SH, M.Hum selaku Ketua Yayasan Ponpes Darul Mustofa menambahkan, melalui wisuda SMP, SMA, dan SMK, Darul Mustofa telah melaksanakan komitmennya untuk membentuk generasi Robbani yang cerdas dan mulia.

Selama perjalanan pendidikan di lembaga ini, siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademik yang kuat, tetapi juga diberikan landasan agama yang kokoh dan keterampilan karakter yang tinggi.

Dengan demikian, siswa yang lulus dari Darul Mustofa siap untuk menghadapi tantangan di dunia nyata dengan kecerdasan, integritas, dan kepedulian terhadap sesama.

Wisuda SMP, SMA, dan SMK Darul Mustofa bukan hanya sekadar upacara formal, tetapi merupakan langkah nyata dalam menciptakan generasi muda yang cerdas, berbudi luhur, dan berkontribusi positif bagi masyarakat.
"Alhamdulillah, para alumni Darul Mustofa sebagian telah lolos dalam UTBK SNBT tahun 2023 di UTM dan perguruan tinggi yang lain," pungkasnya. (Ruslan)

Posting Komentar untuk "Ponpes Darul Mustofa Membangun Generasi Robbani yang Cerdas dan Mulia Melalui Wisuda"