1.000 Anak Turun Ke Jalan Ramaikan Perayaan 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Kamal Dengan Pawai Lampion dan Obor

Bangkalan - Sejak pukul 17:00 Selasa (18/07/2023) WIB jalan Trunojoyo telah dipadati anak-anak yang akan melakukan pawai Lampion, namun sebelumnya anak-anak yang merupakan siswa MIN 1 Bangkalan ini melaksanakan doa bersama tutup tahun dan doa awal tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah. Usai sholat Maghrib berjamaah bergabung dengan sekolah lain mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Madrasah Diniyah (Madin).

Acara Pawai ini dilepas langsung Oleh Ketua Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Bangkalan Ir. H. Mondir A. Rofi'i yang sebelumnya dibuka dengan sambutan Camat Kamal Edy Sattovit W. N., SH., MM. Dalam acara pawai tahun diikuti oleh 8 (delapan) lembaga pendidikan yakni TK PGRI Banyuajuh, SDN Kamal 1, MIN 1 Bangkalan, SDN Banyuajuh 5, SDIT Ulil Albab, Madin Al-Jakfary, Madin Tanwirul Amal, Madin Baturubuh, dengan jumlah murid keseluruhan 1.000 (seribu) anak lebih.
Ketua Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Bangkalan Ir. H. Mondir A. Rofi'i yang akrab dipanggil Ra Mondzir ini menyampaikan apresiasi pada Dewan Cabang DMI Kamal yang diketuai Syaiful Bahri berhasil dan sukses melaksanakan acara memperingati 1 Muharram 1445 H dengan sangat meriah.

Dengan memperingati acara ini anak-anak dididik untuk memahami seperti apa bulan-bulan Hijriyah ini dan dimulai dari bulan apa. kedua, anak-anak diajari tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, yang mempuyai arti kita hijrah dari yang kurang baik menuju ke masa yang lebih baik. Untuk itu ini merupakan momentum untuk merubah semua hal pada diri kita untuk kebaikan menuju hal yang lebih baik lagi.

"Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat kepada masyarakat Kamal yang telah memperingati 1 Muharram 1445 H semoga bisa memberi semangat bagi kita untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT," Terang Ra Mondzir.
Beliau juga sampaikan peringatan 1 Muharram ini dilaksanakan juga di kecamatan lain dan kota Bangkalan serta sekolah-sekolah yang berbasis Islam.

Rute yang ditempuh anak-anak ini terbilang jauh yakni sekitar 2 Km yang diawali di depan MIN 1 Bangkalan menuju Masjid Jami' Kecamatan Kamal yang berada di Raya Kamal depan Pelabuhan Barat Kamal. Namun sepanjang jalan yang dilalui wajah anak-anak terlihat ceria senang sembari membaca sholawat nabi Muhammad SAW. (Sat/Luv)

Posting Komentar untuk "1.000 Anak Turun Ke Jalan Ramaikan Perayaan 1 Muharram 1445 H di Kecamatan Kamal Dengan Pawai Lampion dan Obor"