Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM Kelompok 15 Menggandeng Masyarakat Membuat Plang Arah Jalan

Sampang - Mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura dibawah bimbingan bapak Adi Kurniawan Saputro, S.Pd., M.T melakukan pengabdian masyarakat dengan tema "Pemanfaatan Potensi Desa Menuju Pembangunan Berkelanjutan" di Desa Noreh, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Minggu(09/07/2023). Pada kesempatan kali ini para mahasiswa berinisiatif untuk membuat suatu hal yang bermanfaat berupa plang arah jalan. Plang arah jalan tersebut menunjukkan informasi tentang perkiraan jarak yang harus ditempuh untuk menuju dusun tertentu dari titik plang tersebut.

Plang petunjuk jalan adalah bagian dari infrastruktur transportasi dan merupakan elemen penting dalam sistem tanda lalu lintas untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan tentang arah, jarak, atau tujuan. Plang petunjuk jalan berupa tanda atau papan yang ditempatkan di sepanjang jalan untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan mengenai arah, jarak, lokasi, dan informasi penting lainnya terkait navigasi dan keselamatan.

"Awal pertama kita ke sini, jujur agak kesulitan untuk mengetahui arah yang harus ditempuh jika ingin berkunjung ke dusun-dusun yang ada di Desa Noreh ini. Terlebih kebanyakan dari kita tidak fasih berbahasa madura jika ingin bertanya kepada warga. Jadi agak kesulitan." Ungkap Salah satu mahasiswa pengabdian masyarakat yang ada di Desa Noreh.

"Setelah berdiskusi dengan teman-teman dan menurut perangkat desa, ini (pembuatan plang petunjuk jalan) baik untuk direalisasikan karena memang belum ada, maka kami merencanakan pembuatan plang petunjuk jalan ini dengan menggandeng masyarakat dan memanfaatkan usaha yang ada disekitar Desa Noreh ini." Jelas Alif selaku penanggung jawab program kerja pembuatan plang petunjuk jalan.

Warga dan perangkat desa lainnya menyambut inisiatif ini dengan sangat antusias. Mulai dari pembuatan hingga pemasangan dilakukan dengan cara berkoordinasi satu sama lain dalam waktu yang relatif singkat.

Menurut kepala Dusun Labang, kegiatan mahasiswa pengabdian masyarakat ini sangat bagus. Beliau juga mengucapkan terimakasih karena telah mau berupaya membantu pembangunan desa di Desa Noreh ini menjadi lebih baik lagi.

Dengan demikian, "adanya plang petunjuk jalan ini nantinya diharapkan dapat memberikan manfaat penting bagi masyarakat dalam hal keselamatan, efisiensi, dan kemudahan navigasi. Sehingga kedepannya para pendatang yang mengunjugi Desa Noreh dapat terbantu dengan keberadaan plang petunjuk jalan tersebut." (wie)

Posting Komentar untuk "Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM Kelompok 15 Menggandeng Masyarakat Membuat Plang Arah Jalan"